Rabu, 31 Maret 2010

kisah sukses

RAJA DAGANG INDONESIA YANG CUMA LULUSAN SD

Liem sioe liong yang mulai mengenal indonesia sejak usia 20 tahun, kurang lebih 45 tahun yang lalu, mengatakan, "anda harus dilahirkan di tempat dan waktu yang benar."
Dikalangan pedagang tionghoa indonesia dia teerkenal dengan sebutan "liem botak". sejarah orang bernama liem sioe liong (60tahun) dimulai disebuah pelabuhan kecil. fukien di bilangan selatan benua tiongkok. dia dilahirkan di situ pada tahun 1918.
kakaknya yang tertua liem sioehie kini berusian 77 tahun sejak tahun 1922 telah lebih dahulu berimigrasi ke indonesia yang waktu itu masih jajahan belanda kerja di sebuah perusahaan pamanya di kota kudus.
ditengan hiruk pikuknya usaha ekspansi jepang ke pasifik, dibarengi dengan dongeng harta karun kerajan-kerajaan eropa di asia tenggara, maka pada tahun 1939, liem sioe liong mengikuti jejak abangnya yang tertua, dari fukien, ia berangkat ke amoy, dimana bersandarnya sebuah kapal dagang belanda yang membawanya menyebrangi lautan tiongkok. lalu sebulan kemudia ia sampai di indonesia, sejak dulu kota kudus selalu terkenal sebagai pusat pabrik rokok kretek, yang sangat banyak membuat bahan baku tembakau dan cengkeh. pilar utanama liem adalah cengkeh dalam dunia dagang liem disamping itu sektor tekstil juga menjadi pilar liem untuk berdagang. untuk melancarkan usahnya dibidang keuangan loem juga memiliki beberapa buah bank seperti bank windu kencana, bank central asia. di tahun 1970-an bank central asia ini telah bertumbuh menjadi bankl swasta terbesar kedua di indonesia, dengan total asset mencapai US$99juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar